1 Decade Journey of Marine Instrumentation and Robotics Laboratory

143

Tak terasa sudah 10 tahun Workshop Instrumentasi dan Robotika Kelautan, Dept. ITK FPIK IPB (oleh mahasiswa biasa disebut “Bengkel”) berdiri dan telah cukup banyak melahirkan ide (pemikiran), kegiatan penelitian dan pengembangan. Sejak di restrukturisasi tahun 2007, laboratorium ini telah cukup banyak menghasilkan instrument tepat guna (30 produk teknologi) yang didukung oleh kegiatan akademik yang nyaman dan kondusif serta penelitian yang terarah dan aplikatif telah menjadi ciri yang dibangun selama 10 tahun di laboratorium ini.

Hal tersebut untuk menuju satu cita-cita yaitu Indonesia yang mandiri dibidang teknologi kelautan.

Pada tanggal 19 Juli 2017 akan diadakan peringatan 10 tahun berdirinya “Bengkel” tersebut dan dalam rangka peringatan tersebut akan ditampilkan¬†berbagai hal yg terkait dengan keberadaan “Bengkel” selama 10 tahun ini, misalnya 30 produk teknologi yang telah dihasilkan¬†dan 5-series videoclip berdurasi masing-masing 5 menit: ¬† (1). Perjalanan tugas akhir Praktikum INKEL, (2). Kegiatan DIKLAT MIT+R, (3). Ekspedisi Arus Balik, (4). Kompetisi Domestik [komurindo, kombat, roboboat, pkm], dan (5). Kompetisi Intenasional [ROV dan AUV].

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi sesama alumni “Bengkel” dengan mahasiswa aktif saat ini, juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran untuk 10 tahun laboratorium ini kedepannya dalam rangka mewujudkan cita-cita kemandirian dibidang teknologi kelautan.