Persoalan yang dihadapi saat ini yang berkaitan dengan pengujian tingkat kesegaran dengan menggunakan uji organoleptik, metode yang umum digunakan saat ini, adalah sulitnya mencari orang yang dapat melakukannya dengan baik. Sifat pengujiannya cenderung subyektif dan oleh karenanya dibutuhkan pengalaman yang panjang untuk menjadi seorang penguji yang baik. Sehubungan dengan kesulitan yang dialami tersebut maka perlu dikembangkan alternatif pengujian kesegaran yang bersifat obyektif, konsisten dan dapat dengan praktis dilakukan oleh siapa saja.

Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan prototipe alat deteksi/uji dan pengembangan metode kategorisasi tingkat kesegaran ikan, yang diharapkan dapat menjadi metode alternatif yang ada pada saat ini.

Pendeteksian kesegaran ikan dengan metode akustik merupakan suatu hal yang baru dan menurut hemat kami belum pernah dilakukan. Hal ini merupakan inovasi teknologi yang sangat penting bagi industri perikanan yang menginginkan agar kualitas produknya konsisten dan dapat dipertahankan pada tingkat yang dapat diterima oleh konsumen akhir.

Sebagaimana diketahui bahwa tingkat kesegaran ikan menentukan mutu atau kualitas produk. Produk dengan kualitas kesegaran yang tinggi pada gilirannya akan berperan penting dalam menentukan tingkat penerimaan oleh konsumen dan daya saing (competitiveness) hasil industri pasca panen produk perikanan tersebut. Untuk menjamin mutu (quality assurance) ikan maka diperlukan alat ukur atau detektor yang dapat menunjukkan tingkat kesegaran ikan tersebut.