Biologi Perikanan merupakan salah satu ilmu yang mendasari ilmu-ilmu perikanan tangkap lainnya seperti. Metode Penangkapan Ikan, serta ilmu lainnya.Oleh karena itu ilmu Biologi Perikanan ini sangat penting. Ibaratnya kita ingin makan,tetapi tidak tahu apa yang akan dimakan.Ilmu Biologi perikanan juga seperti itu, kita ingin menangkap ikan tetapi tidak tau ikan apayang akan ditangkap. Tujuan dari pada mempelajari Biologi Perikanan ini adalah agar kitamengetahui pembagian daerah perairan berdasarkan kedalaman yaitu antara lain pelagic, midwater dan demersal serta pembagian berdasarkan kriteria yang lain. Selain itu tentang anatomidan fisiologi ikan juga patut kita pelajari. Dan yang paling penting adalah kita mengetahui jenisikan ekonomis penting serta penyebarannya di perairan.
 IMG_6425
Hubungan panjang dan berat merupakan aspek biologi perikanan yang perlu di pelajari. Panjang tubuh sangat berhubungan dengan panjang dan berat seperi hukum kubik yaitu bahwa berat sebagai pangkat tiga dari panjangnya. Namun, hubungan yang terdapat pada ikansebenarnya tidak demikian karena bentuk dan panjang ikan berbeda-beda. Pengamatan pertumbuhan ikan, baik panjang dan berat merupakan salah satu hal yang penting untuk diamatiselama proses budidaya ikan. Hal ini dilakukan agar kenormalan pertumbuhan ikan dapatdiketahui sedini mungkin.
 
IMG_6460
Hubungan panjang dan berat (Length-weight relationship/LWR) merupakan hal yang penting dalam penelitian ilmiah perikanan, karena hal ini memberikan informasi parameter- parameter populasi. Pertama, sebuah perubahan berat dan panjang memperlihatkan umur dankelas kelompok tahun ikan; hal ini sangat penting dalam perikanan. Kedua, data panjang berattersebut dapat digunakan untuk menaksirkan daya dukung stock perikanan tangkap. Selain itu,data panjang dan berat dapat juga menggambarkan petunjuk penting tentang perubahan iklim dan lingkungan.
Menjawab tantangan dan pentingnya hal tersebut diatas maka kami divisi Akustik Instrumentasi dan Robotika Kelautan Dept. ITK FPIK IPB telah membuat sebuah instrumen yang memudahkan pengukuran panjang dan berat tersebut yang terintegrasi langsung dengan media penyimpanan data baik secara lokal maupun via internet.