Pemberi pakan ikan/udang otomatis adalah alat pemberi pakan ikan atau udang yang bekerja secara otomatis dalam hal pengaturan jadwal, frekuensi pemberian pakan, dosis pakan serta dapat beroperasi selama 24 jam secara terus-menerus. Untuk melontarkan pakan digunakan pelontar dengan menggunakan motor AC yang memiliki RPM (Rotation Per Minute) yang bisa diatur sehingga pakan tersebar merata.

Pengaturan dosis dilakukan dengan menggunakan motor DC (stepper motor, 0.80/step) sehingga bisa diprediksikan jumlah pakan yang keluar berdasarkan putaran yang dilakukan oleh motor. Alat ini dirancang dengan menggunakan teknologi mikrokomputer sehingga memiliki kehandalan dalam akurasi dan presisi.

Kebutuhan petani ikan dan petambak dalam hal pemberian pakan yang dilakukan secara otomatis menurut analisis dan survei pendahuluan terhadap praktisi tambak dan petani ikan adalah besar, terutama bagi petani dan petambak yang memiliki luas kolam / tambak yang cukup luas sehingga apabila pemberian pakan dilakukan secara manual akan menyebabkan kesulitan dalam hal konsistensi pemberiaan (jumlah dan waktu) pakan.

Pemberi pakan ikan/udang otomatis diharapkan dapat membantu mengatasi masalah ketepatan dan keteraturan proses pemberian pakan, sehingga  produksi para petani dan petambak tersebut dapat meningkat.